Clean sheet kedua Andritany Tentukan Kemenangan Persija

Oleh Naufal Hani@naufalhanis

ICJSC

Dengan kemenangan 1-0 atas Sriwijaya FC (SFC), Rabu(25/11), kans Persija untuk lolos ke babak Delapan Besar turnamen Piala Jendral Sudirman semakin besar. Enam poin hasil dua kemenangan dari dua laga yang telah dijalani menempatkan skuat Macan Kemayoran di urutan kedua klasemen sementara grup A, membuntuti Arema yang memimpin dengan jumlah poin sembilan.

Pertandingan yang dihiasi oleh satu kartu merah untuk masing-masing kesebelasan ini sendiri berjalan relatif seimbang jika dilihat dari statistik. Persentase penguasaan bola 53% untuk SFC berbanding 47% milik Persija, dan total tembakan 12 (SFC) berbanding 11 mengindikasikan bahwa kekuatan kedua tim tidak jauh berbeda.

Match Review - sriwijaya fc v persija-01
Statistik Pertandingan Sriwijaya FC vs Persija
klik pada gambar untuk memperbesar

Adalah Andritany yang menjadi pemain kunci Persija dalam mengatasi perlawanan Laskar Wong Kito dalam laga ini. Keberhasilan mantan penjaga gawang Timnas U-23 ini menepis tendangan penalti Asri Akbar di pertengahan babak kedua membuat Persija mencatatkan clean sheet keduanya di gelaran turnamen Piala Jendral Sudirman. Kiper berusia 24 tahun ini menyudahi laga melawan SFC dengan raihan statistik 2 saves, 2 intersep, dan 2 sapuan. Sementara persentase akurasi umpan yang dilepaskan berada di angka 36% (7/19).

Namun, di luar semua angka-angka tersebut, kehadiran sosok Andritany di bawah mistar gawang lah yang sebenarnya sangat berharga. Kemampuannya yang cukup baik dalam menghalau tembakan-tembakan lawan membuat teman satu tim, pelatih, dan para Jakmania menjadi lebih tenang.

Konsistensinya dalam bermain juga yang membuat Persija terus mempertahankan putra asli Betawi ini sejak 2010 silam. Di ISL 2014, Andritany telah membuktikan dirinya, 8 clean sheet dari 19 laga dengan rata-rata kebobolan 0,79 per laga membuatnya patut diperhitungkan sebagai salah satu calon penjaga gawang masa depan tim nasional.

Rapor Pemain - andritany ardhiyasa-01
Statistik Andritany Ardhiyasa di Laga Sriwijaya FC vs Persija
klik pada gambar untuk memperbesar

Laga berikut kontra Arema Cronus akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi Andritany. 10 gol yang dicetak Singo Edan sejauh ini membuat Arema menjadi tim paling produktif dalam urusan menjebol gawang lawan. Mampukah Andritany meraih clean sheet ketiganya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.