Lord A7ep Dalam Angka

Lord A7ep sumber: sidomi.com
“Lord A7ep”
sumber: sidomi.com

Lord Atep, Lord Atep, Lord Atep”. Seruan tersebut menggema di Stadion Thuwunna Youth Training Centre, setelah kapten Persib, Atep, berhasil membawa timnya unggul 1-0 atas wakil Myanmar Ayeyawady United pada lanjutan babak penyishian AFC Cup 2015, Rabu (11/3). Gol Atep berawal dari pergerakan Tantan di sisi kiri pertahanan Ayeyawady United, lalu kemudian dirinya mengirimkan umpan kepada Atep yang sudah berdiri bebas di dalam kontak penalti, yang disambut dengan sebuah tendangan keras melalui punggung kaki, yang menaklukan penjaga gawang Vanlal Hruala.

Sayang gol indah Atep ini menjadi sia-sia, karena tim yang sebelumnya bernama Delta United ini berhasil menyamakan kedudukan melalui Edison Fonsesca pada babak kedua. Persib pun akhirnya hanya membawa pulang satu poin dari Yangon.

Lord adalah ungkapan satir yang diberikan kepada pemain internasional Denmark, Niklas Bendtner, yang merasa dirinya sejajar dengan dua pemain terbaik dunia saat ini, yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Akan tetapi hal tersebut nyatanya tidak diiringi dengan kinerja dan prestasi sang pemain.

Ungkapan Lord ini juga disematkan kepada kapten Persib, Atep. salah satu alasanya yang paling mengemuka adalah ketika dirinya pernah berujar akan mencetak minimal 10 gol per-musim bagi Maung Bandung. Tetapi, dalam kenyataanya sang skipper belum pernah sekalipun melakukanya sejak kembali ke Bandung pada 2008 setelah sebelumnya bermain untuk rival utama, Persija.

Akan tetapi Liga Super Indonesia (LSI) 2014 lalu menyisakan cerita lain, Atep berhasil membawa tim kebanggan Jawa Barat ini menjadi kampiun setelah puasa selama 19 tahun. Namun, ada banyak hal lain yang dicatatkan oleh Lord A7ep dalam perjalanannya membawa Persib menjadi juara LSI 2014. Berikut ulasan kami mengenai Lord Atep dalam angka:

1036
Total Waktu Bermain Lord Atep musim lalu, di mana 577 menit dirinya bermain sebagai starter. Atep tercatat hanya 3 kali bermain 90 menit penuh yaitu pada pertandingan pertama Persib di LSI 2014 melawan Sriwijaya FC, serta babak delapan besar ketika berhadapan dengan Mitra Kukar dan Persebaya Surabaya.

374
Jumlah banyaknya operan yang dilepaskan oleh pemain kelahiran Cianjur ini, dengan rincian 13,4 operan dalam setiap pertandingan dengan tingkat kesuksesan sebesar 79,74%

68
Menit di mana Djadjang Nurjdjaman biasanya memutuskan memasukan Atep untuk memberi perubahan pada jalannya pertandingan.

56
Atep termasuk pemain Persib yang cukup sering kehilangan bola baik ketika membangun serangan ataupun membantu pertahanan, dirinya kehilangan bola sebanyak 56 kali pada musim lalu.

46
Persentase Lord Atep dalam mengkonversi peluang di LSI 2014.

20
Supersub, Atep hanya membutuhkan rata-rata 20 menit untuk mencetak gol, sejak dirinya masuk ke lapangan dari bangku cadangan. bahkan 4 dari 6 gol yang ia ciptakan sepanjang musim lalu terjadi menjelang pertandingan usai.

Loyalitas Total Untuk Persib sumber: bolaindo.com
Loyalitas Total Untuk Persib
sumber: bolaindo.com

19
Step over dan trik yang dilakukan oleh Atep tentunya mengundang lawan untuk tidak segan-segan untuk menghentikanya dengan segala cara, sebanyak 19 kali Atep dijatuhkan oleh lawan sepanjang musim lalu.

17
Salah satu hal yang diamini pula oleh bobotoh adalah kebiasaan Atep untuk beratraksi yang terkadang tidak efektif. 17 kali dribelnya tidak menghasilkan apa-apa, rata-rata gocekan sukses Atep pun termasuk yang kurang baik untuk ukuran pemain yang memilki kecepatan dan skill mumpuni, yaitu 39,29% per pertandingan.

16
Uniknya, musim lalu Atep termasuk pemain yang sukses memenangkan duel udara selain duo bek tengah Achmad Jufriyanto dan Vladimir Vujovic. Wakil kapten tim nasional Indonesia U-23 di SEA Games Thailand 2007 ini berhasil memenangi duel udara sebanyak 16 kali dengan persentase kesukesan sebesar 69,57% di LSI 2014.

13
Merupakan jumlah tendangan tepat sasaran yang dilepaskan oleh Atep sepanjang musim 2014.

9
Bisa jadi dikarenakan kehabisan nafas setelah melakukan trik, berimbas kepada minimnya jumlah umpan silang yang dilepaskan oleh Atep. Dari 39 umpan silang hanya 9 yang tepat sasaran di LSI 2014, selebihnya melenceng atau berhasil diantisipasi oleh pertahanan lawan.

7
Nomor punggung yang identik dengan Lord A7ep. Nomor ini ia kenakan sejak ia mengawali karir profesionalnya bersama Persija hingga sekarang

6
Jumlah Gol yang berhasil disarangkan di LSI 2014 oleh pemain yang memulai debut tim nasional Indonesia pada 25 Agustus 2006 berhadapan dengan Myanmar di ajang Merdeka Games.

0,5
Jumlah rata-rata pelanggaran yang dibuat Atep dalam setiap pertandingan LSI 2014.

0
Lord Atep tidak pernah menerima satupun hukuman kartu di LSI 2014.

Lord A7ep Dalam Angka klik pada gambar untuk memperbesar
Lord A7ep Dalam Angka
klik pada gambar untuk memperbesar

Sejak menerima estafet kepemimpinan dari Maman Abdurrahman pada 2013, Atep sejauh ini masih dianggap belum mampu memberikan permainan yang menunjukan bahwa dirinya layak memimpin Maung Bandung. Nilai positifnya adalah Atep bertahan di Persib, meskipun banyak pemain hengkang karena tidak tahan dengan tekanan dari bobotoh dan juga situasi ketika Persib mandeg prestasi. Loyalitasnya kepada Persib merupakan sesuatu yang berharga. Golnya ke gawang Arema Cronus pada babak perpanjangan waktu di semifinal LSI 2014 juga merupakan bukti loyalitas dan totalitasnya kepada Persib, sekalipun tidak diberikan waktu bermain yang banyak.

Bahkan, julukan Lord yang disematkan kepadanya, justru ditanggapi sebagai bentuk penghargaan bobotoh kepada dirinya, dan menjadi tambahan motivasi untuk bermain lebih baik lagi. Seperti pernyataanya yang dikutip oleh media lokal Bandung. “Julukan (Lord) pasti menjadi beban, tetapi saya juga apresiasi, intinya walaupun beban saya anggap tugas berat itu sebagai motivasi untuk memberikan yang terbaik dan memberikan kebahagiaan bagi masyarakat yang mencintai Persib.”

All Hail Lord Atep!

Oleh Aun Rahman

@aunrrahman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.