Pemain Terbaik ISL 2014 versi Labbola: Makan Konate

Pemain Terbaik ISL 2014 Versi Labbola sumber: tempo.co
Pemain Terbaik ISL 2014 Versi Labbola
sumber: tempo.co

Makan Konate sejatinya layak disebut menyandang gelar pemain terbaik Indonesia Super League (ISL) 2014. Tanpa mengurangi rasa hormat pada Ferdinand Alfred Sinaga yang memperoleh anugerah tersebut dari PT Liga Indonesia, performa gemilang Konate musim lalu jadi komponen penting diraihnya gelar juara Persib Bandung.

Pemain Serba Bisa dan Aset Berharga Persib

Dahaga gelar selama 19 tahun terbayar berkat keberhasilan Pangeran Biru menekuk Persipura Jayapura melalui adu penalti di final yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang. Sudah barang tentu kejayaan tersebut tak diraih dengan mudah. Butuh perjalanan panjang mengarungi musim yang teramat melelahkan.

Persib selalu punya keinginan untuk juara dari musim ke musim. Mereka selalu mengontrak pemain berlabel bintang dengan nilai kontrak mahal. Tapi, harapan tak selalu bisa jadi kenyataan. Ketika akhirnya harapan itu jadi nyata, itu berkat keberhasilan seluruh komponen klub mulai dari manajemen, jajaran pelatih, pemain, hingga suporter yang tak lelah memberikan dukungannya.

Salah satu sosok yang berpengaruh penting dalam kesuksesan tersebut tentulah Makan Konate. Gelandang serang berusia 23 tahun tersebut selalu tampil dalam 28 pertandingan dari babak penyisihan Wilayah Barat, Babak 8 Besar, hingga pertarungan hidup mati di semifinal dan final.

Lihai Mengkreasi Peluang dan Mencetak Gol

Guna menggaransi satu tempat di tim utama, tentulah Konate perlu punya teknik olah bola menawan agar Djajang Nurjaman seratus persen percaya padanya. Lantaran punya kemampuan mumpuni, pemain kelahiran Bamako, Mali, tersebut selalu dipilih sebagai pemain inti. Dia bisa bermain sebagai gelandang serang di belakang penyerang, bermain melebar, maupun sebagai gelandang jangkar jika dibutuhkan. Belakangan, berkat kecepatan dan ketajamannya, dia diberi kebebasan bergerak di belakang striker untuk memaksimalkan potensinya.

Pemain yang lahir pada 10 November 1991 itu memang sangat tajam. Ketika Djibril Coulibaly yang diharapkan bisa jadi target man melempem, Konate bisa mem-back up peran dari rekan senegaranyanya tersebut. 13 gol yang dia ciptakan menjadi tolak ukur yang produktif bagi seorang gelandang. Tidak hanya itu, sebagai gelandang serang dia melayani pemain lain untuk memperoleh peluang mencetak gol. Total dia menciptakan 5 assist.

Pemain ini memang dianugerahi kemampuan komplet. Dia bisa tajam sekaligus akurat dalam membagi bola. Sepanjang musim lalu, Konate melepaskan 96 tembakan di mana 36 di antaranya menemui sasaran. Akurasinya 37.5% membuat setiap penjaga gawang lawan tegang setiap Konate memegang bola. Ada 1,196 operan sukses dengan akurasi mencapai 83.17%. Akurasi yang di atas rata-rata pemain sepak bola Indonesia pada umumnya.

Tak hanya berhenti di situ, dengan postur ideal bertinggi 178cm, Konate lihai dalam melindungi bola yang dia giring. Dia menciptakan 60 dribel sukses alias 2,1 dribel sukses per pertandingan. Jika bermain lebih melebar, pemain berkebangsaan Mali ini kerap melepaskan umpan silang untuk disambut rekan setimnya. Dia melakukan 27 umpan silang sukses atau setidaknya sekali umpan silang sukses setiap pertandingan.

Top Skorer Persib dan Gelandang Tersubur ISL 2014 dengan 13 Gol sumber: bola.liputan6.com
Top Skorer Persib dan Gelandang Tersubur ISL 2014 dengan 13 Gol
sumber: bola.liputan6.com

Sebutan sebagai peamin serba bisa layak disematkan padanya setelah dia terbukti handal dalam menyerang maupun bertahan. Jika catatannya ketika menyerang sudah sedemikian menakutkan bagi lawan untuk mewaspadainya, maka dia bisa jadi momok yang menakutkan untuk setiap gelandang lawan yang memulai serangan. Dia melakukan 62 kali tekel atau 2,2 tekel per pertandingan, serta 67 kali intersep yang berarti 2,4 kali memotong bola lawan setiap pertandingannya. Kemampuannya tersebut tentu membantu barisan pertahanan yang digalang oleh Vladimir Vujovic dan Achmad Jufriyanto untuk bisa mengatur lini belakang ketika lawan hendak melakukan serangan.

Kebugaran dan Ketenangan

Seluruh kemampuan memukau tersebut tidak akan bermanfaat secara maksimal jika tak ditunjang dengan kebugaran. Selalu bisa jadi andalan di setiap pertandingan itu menunjukkan bahwa pesepak bola yang mengawali karir di Indonesia bersama PSPS Pekanbaru dan bersinar dengan Barito Putera tersebut punya kebugaran mengesankan sekaligus ketenangan.

Kebugaran fisik jelas jadi salah satu faktor utama seorang pemain untuk bisa menampilkan permainan terbaiknya. Tak mungkin Konate bisa mengoleksi 60 dribel sukses jika dia mudah dijatuhkan oleh pemain belakang lawan. Tidak mungkin juga tanpa kebugaran Djanur, sapaan akrab Djajang Nurjaman, terus percaya untuk memasangnya di setiap laga.

Sementara berkat ketenangannya, Konate bisa tepat mengambil keputusan ketika harus melakukan tembakan atau memberi umpan pada rekan setimnya. Dia melakukan 3,4 tendangan setiap pertandingan dengan 1,3 tembakannya tepat sasaran. Kemampuannya mengontrol emosi juga meminimalkan dia menerima hukuman kartu kuning maupun kartu merah yang bisa saja membuatnya absen di pertandingan berikutnya. Musim lalu dia hanya mengoleksi tiga kartu kuning.

Dengan seluruh kemampuannya tersebut tentulah kita layak menyebutnya sebagai salah satu pemain terbaik yang berlaga di ISL. Tantangannya ke depan lebih berat mengingat Persib juga bermain di Piala AFC serta perubahan format LSI menjadi satu wilayah (total jadi ada 34 pertandingan).

Jika musim lalu dia tampil baik dalam 2,543 menit pertandingan, musim ini sangat mungkin angka tersebut bertambah mengingat jumlah pertandingan lebih banyak dan intensitasnya lebih sering. Inilah ujian berat bagi Makan Konate untuk bisa menjaga kebugaran agar terus bermain dalam performa terbaiknya di setiap pertandingan.

Infografis Statistik Makan Konate di ISL 2014 Klik gambar untuk memperbesar
Infografis Statistik Makan Konate di ISL 2014
Klik gambar untuk memperbesar

Oleh Sirajudin Hasbi
@Hasbisy

One response to “Pemain Terbaik ISL 2014 versi Labbola: Makan Konate

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.